Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Provinsi Papua Siap Sukseskan PON ke XX Tahnun 2020

Visi dan Misi

Pernyataan VISI

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua mempunyai target yang ingin dicapai, adalah membangun perempuan Papua untuk keluar dari garis kemiskinan, ketertinggalan, keterbelakangan yang secara bermakna menjadi konsekuensi logis dilaksanakannya sejumlah upaya pembangunan Pemberdayaan Perempuan selama tahun 2013-2018. Program Pemberdayaan Perempuan adalah mewujudkan kesetaraan dan keadilian gender sesuai dengan Amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 dan diperkuat melalui ratifikasi penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan (convension on the elimination of all forms of discrimination against women/CEDAW) Undang Undang No. 7 Tahun 1984, Deklarasi Beijing Tahun 1995 dan INPRES No. 9 Tahun 2000 tentang strategi pengarusutamaan Gender dalam pembangunan serta Permendagri No 15 tahun 2008 tentang pelaksanaan Pengarusutamaan gender dalam pembangunan.

Selaras dengan visi pembangunan Provinsi Papua Tahun 20013 – 2018 ”PAPUA BANGKIT, MANDIRI DAN SEJAHTERA”, diharapkan Papua memiliki masyarakat yang bekerja keras, rajin belajar sehingga tingkat kesejahteraan dari hari ke hari makin meningkat, tingkat dan kualitas pendidikan semakin tinggi sehingga Papua memiliki peradaban dan martabat yang tinggi. Papua Bangkit, MAndiri daqn Sejahtera juga diharapkan memiliki penduduk yang tertib, penuh disiplin dan taat kepada hukum, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan dan kebenaran serta menjunjung tinggi nilai etika dan moral.

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua sebagai bagian integral dari Program Pemberdayaan Perempuan secara Nasional sertabagian integral dari Pemerintah Provinsi Papua yang mempunyai tugas mengemban misi pembangunan di bidang pemberdayaan perempuan, dan sebagai perwujudan dari cita-cita, harapan ke depan sekaligus sumber motivasi menetapkan Visi yang dirumuskan secara bersama-sama dengan melibatkan pejabat dan staf serta mengacu kepada Visi Pemerintah Provinsi Papua, yaitu :

  “Terwujudnya Kesetaraan  Gender Serta Terciptanya Perempuan dan Anak di Papua yang Adil, Setara, Mandiri dan Sejahtera Pada Tahun 2018″

 

Pernyataan MISI

Misi merupakan sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah sesuai dengan visi yang ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Untuk dapat mewujudkan Visi dimaksud, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua menjabarkannya kedalam Misi yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

Meningkatkan kualitas hidup perempuan;

  1. MeningkatkanKapaasitas Kelembagaan Pengausutaman Gender di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan hukum;
  2. Meningkatkan partisispasi perempuan dalam pembangunan;
  3. Peningkatan peranan dan keterwakilan perempuan di lembaga legislatif, eksekutif;
  4. Menjamin perlindungan hak perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.